Friday, November 14, 2008

VOODOO?

Voodoo (alias vodun atau voudou) yang sering kita anggap ilmu hitam, ternyata aslinya adalah sebuah aliran kepercayaan . Dalam bahasa afrika, Voodoo artinya roh atau jiwa . Awalnya voodoo dianut oleh budak-budak Afrika barat yang hidup pada abad 18 dan 19 . Ketika budak-budak itu dipaksa berlayar ke Haiti da negara-negara Amerika Barat, mereka justru menggunakan kesempatan itu untuk menyebarluaskan kepercayaan voodoo. Sesuai arti namanya, Voodoo memuja roh-roh nenek moyang dan kekuatan dewa-dewa yang dipercaya sebagai Tuhan mereka . Setiap dewa yang meraka percaya jg punya karakteristik masing-masing. Misalnya, Aida Wedo sebagai dewa pelangi, Ezili sebagai dewi cinta, Ogou Balanjo sebagai dewa penyembuh, dll. Seperti kepercayaan lainnya, voodoo pun menjalankan ritual keagamaan . Tujuannya, untuk berhubungan dengan roh-roh dan dewa, dan meminta
pertolongan mereka dengan memberi sesajen dan mengorbankan hewan . Mereka juga memohon kesejahteraan hidup, tercukupinya kebutuhan pangan dan perbaikan kesehatan .
Sayangnya, ritual voodoo ini juga sering disalahgunakan untuk tujuan yang negatif . Salah satunya yang sudah sangat kita kenal, yaitu menggunakan media boneka . Boneka ini diibaratkan sebagai jiwa dari korban yang dituju . Melalui boneka ini, pengguna ilmu voodoo bisa berbicara sekaligus menyuruh orang yg mereka maksud sesuai dengan keinginan mereka . Selain itu, mereka jg bisa menyakiti korban dengan menusukkan jarum pada boneka voodoo seperti yang dipratekkan oleh penganutnya di New Orleans dan negara-negara bagian Amerika Selatan .

No comments: