Monday, April 6, 2009

The Amazing Blue Hole!


Dari langit, blue hole tampak seperti biji mata di tengah lautan. Bentuknya lingakaran. Warnanya biru gelap. di dekelilingnya, permukaan laut berwarna biru muda. Artinya Blue hole itu lebih dalam daripada laut sekitarnya. Blue Hole sebenernya adalah gua berbentuk vertikal. Pada zaman es dulu, permukaan laut lebih rendah daripada sekarang. Kemudian, saat zaman es usai, es-es mencair. Saat itulah, permukaan laut naik dan gua tertutup laut.

Di dalam blue hole warna air lautnya tidak segelap permukaannya. Disana, para penyelam bisa melihat stalaktit-stalaktit seperti di gua-gua di daratan. Ada juga berbagai macamterumbu karang dan spesies ikan. yang paling sering terlihat adalah ikan hiu. Pemandangan alam bawah lautnya indah sehingga menjadi tepat favorit penyelam. Namun, jika menyelam lebih dalam lagi, pemandangan tidak ada lagi. karena ikan dan terumbu karang tidak dapat hidup ditempat yang lebih dalam, karena kondisinya anoksik atau kondisi airnya tanpa oksigen.

Di dunia ada beberapa blue hole.Blue hole yang terdalam disebut Dean's blue hole. Letaknya di Long Island,Kepulauan Bahama. Dalamnya 202 meter. Diameter lingakaran guanya 25 - 25 meter. Lalu ada blue hole yang sangat terkenal bernama The great blue hole. Letaknya di Belize, Amerika Tengah. lalu ada blue hole di tepi laut merah Gua ini punya terowongan bernama, The Arch. Banyak penyelam yang ingin masuk ke dalam gua itu. Tetapi mereka sulit menemukannya. Bnyak penyelam yang mengalami kecelakaan di sana. Blue hole ini menjadi tempat menyelam yang paling berbahaya.


And these are the pitures!


Blue hole dilihat dari bawah laut



Hiu -hiu di blue hole






Sumber: Majalah Bobo





No comments: